HATI YANG MULIA

Kuliner menjadi salah satu dalam kebutuhan setiap umat manusia yang memiliki dan cinta dengan sebuah rasa. Perasa membuat semua yang kita makan terasa peka entah itu pahit, manis dan asin. Semua menjadi satu di dalam mulut kita, Yang mana kita dapat memilih makanan yang sesuai dengan selera kita. 
Menurut ku kuliner indonesia menjadi kuliner terbaik di dunia. Karena cita rasanya yang unik dan memiliki bahan-bahan yang lebih fresh. Biarpun banyak bumbu yang dituangkan dalam masakan, semua itu dapat di jadikan satu- satuan padu. Kuliner  indonesia selalu beda dengan kuliner di negara lain. Karena indonesia termaksud negara yang memiliki rempah-rempah. Itulah keunikan dari indonesia biarpun kami berbeda suku, agama, ras. Tapi kita memiliki hati yang  satu padu dan mencintai sesama suku. Cinta dengan sebuah kedamaian. 
Dalam dunia kuliner, aku selalu berusaha untuk mencoba segala makanan yang berada di indonesia. Salah satunya, PADANG : rendang, JOGJA : gudeg, KEDIRI: tumpang, AMBON : papeda, PALEMBANG : empek-empek, BANYUWANGI : mix soto gado-gado, BALI : , MENADO :tinutuan atau bubur Manado ,  dan masih banyak lagi. 
Dari keunikan makanan tersebut di setiap daerah memiliki cita rasa yang unik untuk dan patut dicoba. Dari cerita ini, aku akan memberikan sedikit cerita untuk tentang sie ciMbo.
 ada seorang anak perempuan yang bernama sie cimbo, ia adalah seorang anak yang masa kecilnya tidak doyan dengan makanan. Ia hanya memedulikan kebahagiaannya dengan bermain dan bermain. Menurutnya makan bukan suatu hal yang menjadi kebutuhan, makan hanya sebuah asupan untuk menambah energi. Sampai-sampai sie cimbo selalu Buly  dengan sebutan nama sie kering, sie cimbo tidak peduli dengan kata tersebut bagi sie cimbo itu hanya sebuah kata untuk menghibur teman-temannya. 
Tetapi ketika seorang ayah mendengar kata tersebut, ayah sie cimbo sangat marah dan merasa tersinggung dengan kata sie kering. Suatu ketika,  sie cimbo dan teman-teman  sedang mengambar dirumah sie cimbo. Beberapa menit kemudian, mama sie cimbo sangat penasaran dengan gambar mereka. Sie cimbo sedang menggambar pemandangan, sedangkan teman yang berada di depan sie cimbo sedang menggambar sebuah keluarga yang saling berpegang tangan. Mama sie cimbo sangat penasaran dengan gambar itu.
 Berkata “ hy apa yang kamu gambar ?” 
Anak tersebut menjawab “ aku menggambar keluarga tante.” 
Mama sie cimbo menunjuk gambar “ ini siapa yang kecil sendiri?” 
Jawab teman sie cimbo dengan lantang  “itu sie kering.tante” 
mama cimbo berkata “ siapa sie kering ?” 
Jawab temannya “ya si cimbo, tante, masa tante gak tahu sih.” 
Cimbo hanya tertawa terbahak-bahak dengan gambar temannya yang jelek. 
Ayah  cimbo yang sedang berbaring membaca langsung berdiri dan mengatakan mana gambar kalau sie cimbo adalah sie kering. Teman sie cimbo menunjukkan gambar tersebut pada ayah sie cimbo yang sudah kepo atau penasaran. Ayah cimbo mengatakan siapa gambar ini yang memiliki badan yang besar. Teman sie cimbo berkata “ itu om lah, masa orang lain.
Ayah sie cimbo tersentak melihat foto-foto tersebut serta mendapatkan penjelasan yang lebih spesifik terhadap gambar tersebut. Ayah sie cimbo sangat menyesali-nya dengan tubuh cimbo yang bisa dijuluki dengan sie kering. Akhirnya saat itu juga ayah sie cimbo mengambil tindakan terhadap sie cimbo. 
Setiap sepulang kerja sie cimbo selalu diajak untuk membeli makan. Entah itu makanan berat ataupun hanya cemilan. Ayah cimbo selalu menawarkan makan yang disukai oleh sie cimbo. Tetapi sie cimbo tidak mengerti dengan makanan yang dia suka. Ketika di tanya oleh ayahnya “ makanan favorite cimbo apa ?” Sie cimbo menjawab “ gak tahu.” 
Ayahnya pun kebingungan, akhirnya ayahnya selalu membelikan makanan yang enak-enak, seperti rendang, Batagor, empek-empek, siomay, martabak, trambulan dll. Tetapi sie cimbo muak dengan makanan yang menurut dia tidak jelas. Ketika ayahnya selalu membelikan makanan tetapi nafsu makan cimbo malah berkurang. Sampai0 sampai ayah cimbo putus asa, dan akhirnya ayah cimbo memakai plan B yang mana, cimbo harus dipaksa makan. Hanya butuh 1 minggu saja tujuan ayahnya berhasil. Membuat sie cimbo menyukai makanan. Badan sie cimbo semakin tubuh tinggi dan besar. Sampai- sampai teman cimbo sangat  kecil-kecil. 
Pada akhirnya sie cimbo tidak pernah di panggil dengan sebutan sie kering lagi oleh temannya. 

Ini merupakan pembuktian bahwa seorang ayah selalu memedulikan anaknya. Entah dari luar begitu tidak peduli dengan anaknya tapi hatinya selalu ingin yang terbaik untuk anaknya

Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment