Monday, February 18, 2019

One Day Without Sleep ep 1 W-Blog (Koala Putih)

Begadang-begadang lagi,
Setiap hari aku hanya merasa waktu begitu cepat dan terus berputar yang mana tak memiliki jeda untuk berhenti. Mataku tak ingin untuk tidur tetapi perasaan dan tubuhku begitu capek dan lemah. Aku pun mengikuti kemauan dari mataku dan egois dengan kondisiku yang sedang buruk. Waktu telah menandakan pukul 02 pagi, yang mana dua jam lagi akan menandakan waktu untuk sholat subuh. 

Sungguh aku  takut untuk  bangun telat dan tak bisa berdoa, akhirnya keputusan telah terbuat untuk tidak tidur sampai berakhir berdoa. Setelah akhir dari berdoa, aku mulai memutuskan untuk tidur. Sungguh ini sangat berbahaya badanku serasa lemas lemas. 

Tidak ada tenaga, tidak ada asupan, tidak ada waktu. 
Dan pagi hari aku harus bimbingan ke dosen untuk membahas beberapa masalah tentang skripsiku. Pembimbingku mengabari untuk bimbingan pukul 9 pagi, untungnya pada saat itu aku mengecek handphoneku.

Yes, kami janjian untuk bertemu pukul 11 siang. Tetapi pukul 10 pagi aku masih berbaring di tempat tidur. Rasanya badanku tidak ingin bangkit dar tempat tidur, aku ingin terus berbaring berbaring menggulingkan badanku ke kasur. Pikiranku ingin terus berimajinasi dalam mimpi, tetapi semua itu tidak akan berguna.

Akhirnya aku memutuskan untuk bangun dari tempat tidur dan aku memiliki waktu setengah jam untuk bersiap-siap. Aku memikirkan seandainya aku bersiap-siap ( pastinya aku akan terlambat bimbingan, sedangkan dosenku dengan masalah ini ia sangat disiplin waktu.)

Keputusan terbentuk,  dengan tidak mandi di pagi hari. Semua itu aku awali dengan mulai menggosok gigi, cuci muka dan Menggosok ketiak.

Next ep 2

Friday, February 15, 2019

Ulang tahun yang mengungkit masa lalu. (W-Blog) Koala Putih




Tepat pukul 00 malam hari Senin tanggal 14 january, tambalah umur menjadi satu tahun, yang berarti umur menjadi 23tahun. 


Semua itu di tutup dengan mencari informasi tentang skenario. 
Di tahun 2018 dengan umur 22 tahun banyak sekali masalah yang harus dilewati. Mulai dari mendapat teman baru, hubungan yang gila, penggila buku, banyak pikiran yang gak jelas dan goals yang belum sempurna. 


Aku menyadari bahwa, di tahun sebelumnya aku kurang memfokuskan segala hal. Entah itu tanggung jawab dan keinginanku. Saya serakah dengan 2 hal itu dan akhirnya tidak dapat goals 100%. Hal ini yang menjadi bentuk kegagalanku pada 2018 dengan umur 22 tahun. Aku paham bahwa tanggung jawab dan keinginan itu tidak dapat berjalan dengan 1 waktu. Semua itu hanya membutuhkan waktu yang panjang dan proses yang rumit. 


Bagiku waktu 24 jam begitu cepat. Apalagi di masa itu saya merasa santai dan enjoy. ketika tidur membuat aku nyaman dan enjoy. Aku menikmati tidurku dengan banyak bermimpi yang aku buat. Aku tenggelam di dunia yang tidak nyata sampai di suatu ketika saya merasa hal ini tidak benar. 
Untuk melepaskan dari dunia mimpi aku berusaha keras mencari solusi dan pendapat orang dan cara mereka mengatasi masalahnya. Semua aku kumpulkan dan saya praktikan dengan baik. Tapi apa daya semua itu tidak berjalan dengan lancar. Yang hanya, aku dapatkan hanya sebuah kegagalan dan misi yang tidak berhasil. Entah Berapa lama aku dapat bertahan dan bangkit saat aku terjatuh seperti ini. 


Apakah ditahun 2019 dengan umur 23 tahun aku harus mengakhiri tanggung jawabku terhadap orang tuaku. Aku menyadari setiap umurku bertambah pikiran pikiranku mulai menjadi semakin kritis dalam memutuskan apapun. Apakah di tahun ini aku dapat menjadi orang yang bijak dalam melakukan sesuatu yang aku inginkan. 
Hal yang aku tahu hanyalah melakukan dengan baik. Aku tidak tau di tahun ini apa yang akan menyambutku dan apa yang akan aku hadapi. Semua tergantung dengan kerja keras. 
#writing #new #2019

Friday, February 01, 2019

Tenang ( W-Blog ) Koala Putih

Aku duduk ditempat dan mulai merasakan aroma pepohonan. aroma sungai yang mana dari kedua aroma tersebut membuat hati dan pikiran begitu tenang, nyaman. 
Amarah, strees, redam seketika, Menghirup sambil menutup mata, membuat aku terombang ambing dalam dengan aroma yang tenang. Saat aku menghirup udara alam pikiranku tiba tiba merasa kosong dan hidup. 
Semua masalah, semua pikiran hilang begitu saja. Aku berterimakasih pada aroma alami yang dapat membuat aku tenang. 
Mungkin itu sederhana, tapi membawa ketenangan dalam hidupku. Aroma tidak pernah berbohong dan selalu membawa ketenangan dalam jiwa. Mungkinkah ini takdir mereka.

Aku pun tidak menyia nyiakan hal itu. Setelah aku menikmati aroma tersebut langsung dengn cekatan aku bangun dan mengambil buku yang belum ku selesaikan. 
Aku ingin menikmati aroma ini sambil membaca buku. Moment yang tak akan terlupanakan.

Disebelah kiriku, aku melihat orang yang sedang berkumpul menikmati air sungai. Dari rautnya pun , mereka bahagia dan membuang semua beban yang mereka miliki, dengan cara bersenang senang. 
Sedangkan di sebelah kanan ku, aku melihat sebuah ketenangan yang mana tidak ada suara berisik pun. Yang hanya suara burung berkicau, di tambah suara sungai yang mengalir dan di penuhi dengan kegelapan yang mana matahari tidak menyinari sungai tersebut.

Sedangkan yang ada di hadapanku hanya sebuah buku yang tidak memiliki kehidupan. Buku yang tak memiliki nyawa ini membuat seketika hidup, saat di baca. 
Aku merasa kebahagiaanku, impianku , tujuanku hanya ada di depanku. Bukan kiri kananku. 
Kiri kananku hanya sebagai pilihan dan solusi dari permasalahan. Tetapi aku hanya memilih untuk menjadi diri sendiri dan memilih untuk menatap kedepan dari pada kiri kananku. 
Dan beberapa jam kemudian, aku mengakhiri perjalanan ini. 
Sinar matahari semakin terang menyinari tempat dan suhu udara berubah seketika.
Aroma alam yang segar berubah menjadi aroma lembab bercampur panas dari matahari. 

Wednesday, January 16, 2019

Holiday last year ep 2 [ W-blog] Koala Putih


Ep2 to next

Emang lokasinya pengunungan jadi wajar saja, kalau jalannya turun. Ketika berjalan harus berhati hati dan sedikit mengerem  menggunakan t bantuan dari tubuh. Setelah satu setengah kilo melewati beberapa rintangan kami pun akhirnya sampai di lokasi tersebut.

Suara air yang deras membuat pikiran semakin tenang.

Sesampai nya kami berjalan mengelilingi lokasi tersebut dan mencari beberapa tempat untuk di jadikan markas. Di otakku ada beberapa hal yang harus di pilih mencari tempat yang sepi dan jarang orang tempati dan memiliki suasana yang sejuk. Setelah mencari akhirnya kami berhasil mendapat lokasi tersebut sesuai kemauan dari yang dipikirkan. Semua itu terasa puas, ketika pikiran tidak mengecewakan hasil. Biarpun tempat duduknya kurang nyaman tetapi dari keindahan maskar tersebut menampakkan semua keindahan wisata ini yang ber-icon air sungai yang jerni dan memiliki batu- batu yang besar dan kecil. Semua hal itu terasa seperti seni alam { Natur-E art }

Bonusnya,

Kami dapat tempat untuk berfoto-foto, mendapat backgroud  yang unik dan hasilnya sangat memuaskan waktu pertama di habiskan untuk mengambil foto. Setelah puas mengambil foto dan tidak ada backgroud yang bagus. Adik adikku memutuskan untuk mandi di sungai { padahal awalnya mereka tidak berencana untuk mandi } tidak papalah.

Sedangkan aku hanya bertugas sebagai penjaga wilayah, haha alias penjaga barang mereka. Jadi disini aku sebagai pembantu mereka.  Tetapi semua itu tidak membuat aku kecewa. Aku juga merasa senang ketika bisa menikmati alam dari mendengarkan suara burung yang berkicau dan bernyanyi dan di tambah dengan suara air yang deras mengalir. 

Wednesday, January 02, 2019

HOLIDAY LAST YEAR ( W-blog ) Koala Putih

Di pagi hari yang cerah aku hanya butuh waktu tidur 5 jam. Bangun pagi secara otomatis membuat aku merasa segar dan bugar. Semua itu aku lewati dengan sholat subuh. Mungkin ini cerita yang membosankan . Setiap orang pastinya sering mengalami kejadian ini dan mungkin lebih menarik ketinbang kegiatanku.

Tapi aku selalu beramsumsi bahwa setiap orang di dunia ini . aku yakini sangat berbeda beda. Mungkin kita selalu membuat kegiatan yang hampir sama tetapi makna dari setiap orang sangat berbeda dan pola pikir. 
Setelah itu, untuk lebih erat dalam perkunpulan ini. Kami melakukan jalan sehat di pagi hari dengan rute yang dekat. Setelah berjalan santai bersama kami mengikuti jadwal melayat ke pemakaman kakek. Dari dari rute ke kuburan jaraknya tidak begitu jauh.

Semua dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Karena suasana yang kami tinggali adalah di desa yang mana Wilayah pegunungan.

Hati dan pikiran begitu tenang dan mulai mendapatkan ide ide baru. 
Akhir bulan ini, aku sangat merasa bahagia karena bisa dan dapat berkumpul dengan keluarga yang memiliki hati dan iman yang begitu kuat.

Saat di pagi hari cuacah yang agak tidak mendukung membuat tempat yang kami tinggali begitu nyaman untuk di huni. Panas dari matahari tidak membuat merasa berkeringat dan tak sekali matahari menyentuh kulit sedikitpun. Yang mana akan membuat kulit terasa hitam dan kepanasan. 
Saat itu juga kami memutuskan untuk pergi ke tempat wisata yang lumayan menarik. Yang mana tempat wisata itu penuh dengan air dan pepohonan. Akhirnya kami segera berangkat pagi agar menghindari keramaian di hari libur. Untungnya saja jarak antara wisata itu tidak memakan waktu yang banyak. Butuh 5 menit untuk nyamai di lokasi tersebut menggunakan kendaraan motor beroda dua. 
Dari lokasi pakiran dan tempat tujuan jaraknya lumayana jauh. Dan Untuk sampai ke lokasi yang diinginkan hanya dapat di tempuh dengan berjalan kaki. 
Tidak dekat dan tidak jauh. Jangan di pikir jalannnya enak. Rute dari lokasi lumayan berbahaya, untuk jalannya sudah sangat bagus dan layak. Tetapi untuk ke lokasi kami harus berjalan sekitar 15 menit dan jalannya turunan. 

Sunday, December 16, 2018

Sok Produktif W-Blog ( Koala Putih)

Hello,
Pukul 03 bangun pagi yang mana alarm sudah berbunyi koala putih bangun dengan tujuan sahur di pagi hari. (Niat banget)
Makan 1 ayam potong sisah hari kemarin, dan tambahan manisan 1 potong choklat dan minum air putih satu botol besar atau 4 gelas. Setelah sahur pengen-nya belajar!

Eh malah nonton YouTube -nya orang. Tak terasa 1 jam telah berlalu dan tetap pada posisi dimana sedang menonton YouTube.

“ YouTube pengganti TV. Berita apa saja semua telah tersedia di YouTube”.

Lihat jam ternyata 05.30 Pagi ‘ mikir enaknya ngapain ya?’
Ya udah, jam 6 olahraga terus 30 menit baca buku. Dengan niat yang besar aku lakukan padahal saat itu aku lagi mager banget melakukan aktivitas apalagi sedang puasa-puasa.

Ya udah semua itu aku lakukan dengan niat. Karena aku pengen kurangin berat badan. Sesampai di alun-alun koala putih memarkirkan motor dan langsung berjalan memutari alun-alun dengan kacamata yang mencolok.

Kalau di pagi hari, pastinya orang-orang tua, jadi kesimpulannya orang yang olahraga di pagi hari adalah orang tua termaksud koala putih. Tapi gak papa, saingan untuk olahraga pastinya koala putih yang jago dong. Orang lain pada jalan santai koala putih jalan cepat 2 kali putaran dengan waktu 15 menit. Ambil buku dibagasi motor. Dan jalan mencari Susana yang tenang membaca buku selama 30 menit.
(Misi berhasil)

Pulang pukul 8 pagi, koala putih lemas dan capek. Energinya tinggal 40% , ia pun beristirahat membaringkan badannya ke kasur sambil menonton YouTube.
AL hasil “ ketiduran ZZZZZZZZ selama 3 jam “

Bangun bangun pukul 12 siang, koala putih kaget “ oh my god” mandi dan bergegas bersiap-siap. Let’s Go plan pertama, service motor ( karena lampu retina sebelah kiri bagian belakang mati ) akhirnya pergi ke bengkel terdekat dan menceritakan ke keluhan, tidak sampai 5 menit abangnya bilang “neng udah nih”
koala putih berkata “ berapa ?”
Masnya ‘ tidak usah neng. Ini hanya copot lampunya.”
Koala putih berkata ‘ oh ia mas. Terimakasih “

Let’s GO  Planing kedua, Cuci motor ( karena motor babe belum dicuci selama hampir 3 minggu dan kondisi motor kotor banget dan jijik)
Nyici motor dekat stasiun kereta api, karena tempat cuci motor ini terkenal dengan cucian khusus mobil. Emang sih agak mahal tetapi ini langganan cuci motor koala putih. Yah, antreannya panjang lagi. Manalagi yang antri nyuci bermobil mobil. Tapi gak papa deh. Mending nunggu dari pada koala putih naik motor yang belum mandi. Kan kasihan motornya belum mandi selama 3 minggu.

1 jam menunggu koala putih (bosan) dan pegi meninggalkan tempat cuci motor, berjalan ke stasiun kereta api untuk membeli sebuah tiket kereta api.
Selesai ( Misi berhasil)

Setelah balik nunggu 20 menit motor( kinclong). Uh senang deh lihat motor bersih. Serasa koala putih hidup kembali.( Misi cuci motor berhasil)  lihat jam tangan masih pukul 03 siang. Akhirnya koala putih memutuskan untuk pergi ke sebuah toko tas dan sepatu Elizabeth “ disana koala putih masuk dan melihat-lihat beberapa barang yang terbaru’. Ternyata tidak ada yang menarik.

Go back my homestay,

Pulang-pulang malah lemas energi tinggal 10% yang mana koala putih sudah merasakan haus. Tinggal 1setengah jam lagi( buka puasa). Dengan mengumpulkan energi, koala putih menonton beberapa makanan di YouTube dan ternyata berhasil energinya bertambah 40%. Dan ia siap-siap untuk memasak makanan dengan waktu 15 menit. Bahan-bahan terbatas, ia hanya memasak kentang, sayur putih, dan telur di campur. Selesai (misi berhasil)

Pukul 06 azan magrib ( waktunya berbuka ) horeeeeee, uh hati senang, dan kembali semangat. Makan yang di masak, ditambah minum soda.  (FULL) “Tidak makan nasi tetapi makan sayur satu mangkok”. Akhirnya koala putih kenyang begok. Sholat pun badan terasa berat. Perut pun kembali buncit.

“Wahh olahraga pagi tadi gak berhasil dong”.

Annnnjjrriiiiittttttttttt.

Beginilah orang yang so produktif.



Tuesday, December 11, 2018

Hari Semakin Gelap W-blog ( Koala Putih)

Friday, November 02, 2018

PERTEMUAN YANG PERNAH MENGHILANG

Hari itu adalah hari yang memiliki moment dimana kami dipertemukan lagi, mungkin hari ini adalah moment dimana kami mulai saling terbuka dengan urusan-urusan yang ada. Perjalanan  4 tahun yang kita lalui tidak mudah untuk kita jalankan. Banyak sekali yang harus dilewati untuk menjadi seorang sahabat. Dan banyak hal hal yang harus dipertimbangkan untuk bersama lagi, mungkin ini adalah pukulan dari aku ketika aku sadar bahwa selamanya sahabat tidak pernah terjadi permasalahan.

Awal perkuliahan saat di semester 1 kami selalu melakukan kegiatan yang selalu sama. Memilih organisasi yang sama dan aktivitas yang sama. Di kampus kami sering bertemu dan setip harinya kami selalu bersama setiap saat pada hari aktivitas. Kami bertiga memiliki hobby yang berbeda, tingkah laku yang berbeda, sifat yang berbeda, dan cara menanggapi seorang yang berbeda. Hal itu yang menjadikan kami selalu berdebat tanpa habisnya, diantara kami juga ada yang menggunakan perasaan saat saling mengomentari atau berdiskusi dan diantara kami ada yang pintar dan ada yang pasan dan tidak pintar. Kami selalu dan salin melengkapi.

Kami bertiga selalu saling membantu dan saling menutupi kekurangan kami. Dari ujung rambut sampai ujung kaki, kami bertiga saling memahami. Entah mengapa berjalannya waktu semua itu berubah total satu diantara kami mulai mengikuti jalan pikiran sendiri. Kami mulai dihadang berbagai masalah yang mana hal itu tidak jelas dan tidak patut dijelaskan. 100% persahabatan kita mulai pecah dan berantakan. Yaps, kalau di dalam buku mark mengatakan bahwa hidup itu tidak akan sesuai dengan apa yang di inginkan kita tetapi hidup yang diiginkan kita akan bertolak belakang dengan keinginan kita.

Banyak sekali pelajaran belajaran yang aku dapatkan dari beberapa buku dan beberapa kebanaran dalam kehidupan. Memang benar hidup didunia ini memiliki keunikan tersendiri yang mana setiap apa yang kita lakukan selalu ada aja hal hal yang tidak akan sesuai dengan realita. Lalu setelah hampir 2 tahun kami berpisah dan sekarang saat di antara kita mulai lulus sendiri kami pun saling berkomunikasi kembali. Menceritakan masalah masalah yang terjadi dan saling terbuka antara kami. Saat itulah kami bertiga telah menyelesaikan. Permasalahan kami bertiga semua, mungkin saling jujur adalah salah satu bentuk keterbukaan dan saling memulai hubungan yang baru. 

Wednesday, October 24, 2018

COFFEE DAYS

Indonesia adalah negara tropis yang mana hampir semua tumbuhan hampir ada di negara ini. Negara yang sungguh indah dan hampir semua. Memiliki 4 musim membuat tumbuhan dan makhluk hidup dapat bertahan hidup di negara ini. 

Coffe menjadi salah satu produksi terbesar Diindonesia. Segala bentuk macam kopi yang berada di daerah Indonesia. Memiliki keunikan tersendiri dari rasa maupun bentuknya...

Terbukti, bahwa kopi di  indonesia sangat terbaik dan indonesia  meraih peringkat pertama yang disusul oleh negara Brazil dan Kolombia di peringkat ke tiga. Data ini di ambil dari Lintas kopi.com

Menurutku kopi itu rasanya sangat pahit banget. Tapi untuk pecinta kopi, kalau kopi sudah di campur dengan gula dan beberapa campuran lain. mereka menganggap rasa dari kopi tersebut sangat tidak enak. 

Yes, aku bukan pecinta kopi, tetapi aku pernah bereksperimen tentang rasa dari kopi tersebut. Pertama mencoba kopi dari kopi yang dijual sasetan ternyata memiliki kandungan kalori yang tinggi, Karena telah tercampur beberapa kandungan. 
Selang beberapa hari aku melihat temanku yang suka dengan kopi hitam tanpa menggunakan campuran apapun,’langsung saja meminumnya’ dan aku hanya bilang ‘emangnya gak pahit.’ Dia hanya menjawab ‘ enak kok’

Hari itu aku hanya merasa kaget ketika meminum kopi tanpa gula. Menjelang beberapa bulan aku mulai iseng-iseng membeli es black coffe tanpa gula. 

Terster pertama, emm rasanya pahit banget tatapi tidak mematikan saat diminum. Akupun mulai minum sedikit dikit. Saat itu, aku sedang mengerjakan beberapa laporan dan terbukti ketika meminum kopi hitam rasanya lebih cepat fokus, dan tidak mudah ngantuk an. Saat itula, aku mulai menyukai kopi hitam tanpa menggunakan gula.  


Memang bener, kalau yang pencinta kopi. Rasa pahit itu menjadi keunikan dari kopi. 

Thursday, October 18, 2018

LOVE STORY MY LIFE

Betapa indahnya cinta dihadapkan semua manusia. Ketika ada cinta semua Akan berubah dalam sekejap. 

Sampai-sampai mereka yang sedang berpacaran tidak mengenal tempat. Berpegang tangan, berciuman di depan umum dan romantis di depan umum. Seakan mereka memiliki dunianya sendiri. 

Entah mengapa, sepanjang hari di manapun aku berada pastinya aku akan dihadapkan dengan kondisi seperti itu. Yes, i know. Kalau itu adalah hak dari setiap orang. 

Sepanjang perjalanan, ketika menemu seorang yang sedang menjalankan sebuah hubung. Pastinya aku memiliki pertanyaan besar. Itu orang enggak malu apa pengangan tangan di depan umum? Dan pikiranku selalu mengatakan pacaran membutakan segala hal. 

Seumur hidup aku selalu gagal dalam percintaan. Aku tidak mengenal kata cinta. Aku mengibaratkan cinta sebagai orang yang selalu memberikan perhatian kepada kita. Semua orang berhak untuk mencintai siapa saja. Tetapi tidak dapat memiliki. 

Aku pernah memiliki sebuah pengalam cinta yang begitu tragis. Yes teman SMP, sejak dulu aku sudah menyukai temanku, yes, aku dan dia adalah teman satu kelas sejak SMP. Aku menyukai dia dikarenakan satu alasan yakni dia tidak pernah berbicara lama  pada cewek. Setip di berbicara pada cewek dia hanya berkata dan mengucapkan kata- kata yang penting. 

Dan aku yakin bahwa dia adalah cowok yang selalu menghormati seorang wanita. Pada saat itu, peluangku untuk dekat dengan dia sangat besar. Beberapa isyarat telah aku tunjukan pada dia, dia pun meresponya tanpa ragu dan aku sungguh telah berharap  padanya. 

Tak lama kemudia ternyata dia telah memilih orang lain yakni teman angkatanku. Semua itu seakan sebagai tamparan untukku. Aku menyukai orang itu tapi aku pun tidak dianggapnya. Sejak dia pacaran, kami pun mulai menjaga jarak. Sampai suatu ketika kami di pertemukan kembali dengan sekolah yang sama. 
Cerita ini bisa berhalaman-halaman. Jadi nantikan novelku?

Lanjut lagi ke topik, 

Mungkin aku terlalu peda dengan harapanku. Tapi aku yakin di balik itu semua ada rencana yang baik dari Tuhan. Aku selalu yakin ketika kita baik terhadap hal sekecil apapun, pastinya kita akan selalu ditolong dan dijauhkan dari hal yang berbau negatif. Secara refleks semua itu ada berkahnya. 

Sejak masa sekolahku, aku telah dihadapkan dengan beberapa tipe-tipe cowok. Setiap bulannya aku selalu berganti cowok dikarenakan mereka tidak betah denganku. 

Aku bukan menyalahkan para cowok. Aku tahu setiap cowok memiliki sifat dan Karakter yang berbeda-beda. Jadi untuk kalian para cowok yang membaca tulisanku ini jangan sakit hati dan dibawa Kehati. Tapi aku yakin cowok sekarang itu lebih cuek dan malas tahu tentang tentang hal sepele, seperti ini.  


Dan aku pernah kejadian, saat aku diajak oleh mantan pacarku. Sempat kejadian, saat kami berdua ke beberapa destinasi cowokku ingin sekali memegang tanganku, tapi aku menolak dan hari itu kami putus. Sumpah kalau aku ingat-ingat masa lalu rasanya semua hal yang aku lakukan sangat lucu. Setiap aku bercerita kepada seseorang yang dekat aku merasa pengalamanku sejak kecil sampai sekarang tidak ada yang berubah. Malah pengalamanku selalu membuat aku tertawa. 
 
Save for Life a Future - Blogger Templates, - by Templates para novo blogger Displayed on lasik Singapore eye clinic.