How To Like Read ?



Aku sudah lama ingin membahas kecintaanku dengan sebuah buku di baca. Semua itu berawal saat aku mulai memisuh dan mengamini tidak menyukai buku. 
Ke tidak sukaanku disebabkan dengan seringnya di paksa untuk membaca. Membaca buku bukan hal yang menyenangkan saat berusia 3thn -16thn. Pada saat itu, aku ingin merasakan kenikmatan bergaul bersama teman atau ingin selalu bermain-main. Hal itu hanya, menjadi lampiaskan dari kemarahan ku karena tidak dapat menghitung matematika. 


Ketidak sukaan ku membuat aku tidak ingin belajar dan membaca. Tetapi dengan keterpaksaanku dituntut untuk membaca setiap harinya. Kadang aku di paksa untuk membaca dengan target 20 atau 10 halaman dan kadang dari 20halaman hanya mencari gambar dari buku tersebut. Aku selalu memikirkan cara agar aku terhindar dari namanya membaca.  Dengan berjalannya waktu, detik demi detik semua itu akan mulai berubah secara perlahan lahan. 

Setelah lulus SMA aku mulai berfikir untuk memulai sesuatu dari nol, itu tidak mudah untuk aku lakukan. Tetapi dengan proses aku mulai menyukainya. Butuh beberapa bulan untuk aku mulai menyukainya.

Ada beberapa yang aku pelajari dari dulu yang tidak menyukainya membaca dan sekarang menyukainya lebih dari pacar. 
Pertama, coba carilah teman-teman yang suka membaca buku dimana ia berada. Biasanya orang yang sedang jatuh cinta adalah orang-orang yang sering membaca buku di tempat, saat ia sedang tak melakukan apa-apa. Perhatikan baik-baik, berapa lama dia dapat menikmati membaca. 

Kedua, cobalah membeli bacaan yang lebih ringan, atau bahasanya lebih santai. Agar kamu dapat cepat mencermati bacaan tersebut. Seperti belilah sebuah novel yang memiliki cover menarik. 

Ketiga, bacalah setiap halam dengan perlahan dan hayati setiap kalimat yang sedang terjadi. Kalau kamu dapat masuk dalam cerita tersebut. Maka kamu akan berhasil dan memiliki keinginan untuk menyelesaikan cerita dari novel tersebut. 

Keempat, bacalah setiap harinya agar kamu dapat feel formal reading. 


Selamat mencoba, kalau ada hal yang ingin ditanyakan islahkan komentar ??? Oke

Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment