MAKANAN FAVORITE PART #3


Hello, guys.. aku akan memperkenalkan Cemilan yang paling nikmat dan harganya terjagkau banget. memang sih gorengan yang berada di kalimantan tidak semurah dengan jawa. tapi aku disini mau recommendasikan makanan yang enak banget. 

Dikaminantan timur, kab. Bontang 
ini adalah salah satu cemilan yang sering kamu konsumsi, yaitu Gorengan, gorengan memiliki macam-macam ada pisang goreng, bakwan goreng, tempe goreng, tahuisi goreng. semuanya serba di goreng dan bahannya utamanya adalah tepung. Sudah pasti, di semua tempat dari sabang sampai merauke pasti ada yang jual gorengan. Tapi di kalimantan sini memiliki keunikan tersendiri lohhhh.. penasaran ayokk baca terus blog sampai selesai ya. 




Gambar yang diatas ini, tanteku yang sudah bertinggal lama di Bontang mengajak aku untuk mencicipi gorengan yang paling lagendaris. itu adalah Gorengan Bastino, biasanya mas-mas yang penjualan gorengan itu biasanya di gerobak-gerobak ternyata. Gorengan Batino ini membuka warung dan memiliki tempat duduk. seperti penjual bakso yang membuka tempat, memang   tempat-nya agak sedang -sedang. tapi masyarakat bontang banyak yang membeli disini biarpun jauh dari pusat perusahaan. Dengan rasanya yang enak membuat warga berbondong-bondong untuk membeli disana.  

Saat, aku disana memang kebetulan hujan deras tapi gak papa lah yaa. malah nikmat lagi kalau hujan- hujan sambil makan gorengan yang panas. Bisa dibanyangkan rasanya nikmat banget. Di Gorengan Bastino ini hanya tersedia dengan menu gorengan dan beberapa ES campur. tapi sayangnya aku hanya ingin Gorengannya saja. 

kalau mau beli gorengan di kalimantan, tidak bisa membeli dengan harga 5 ribu. tetapi sudah ditentukan harganya. jadi disana harus beli perbiji. kalau kemarin yang aku pesan 9 biji untuk makan di tempat itu sekitaran harganya 15 ribu.
9 biji = Rp. 15.000,-
aku hanya bisa memberikan patokan harganya, kalau beli banyak hampir 50 biji itu sekitaran Rp.60.000,- lah sekitaran segitu harganya. 


Dan uniknya lagi, disana kita tidak akan dilayani oleh mas-masnya tetepi untuk gorengan, kita diwajibkan untuk mengambil sendiri  dan langsung bayar yang sesuai dengan yang kita ambil. setelah itu, bagi yang ingin bungku telah di siapkan bumbu dari andalan dari gorengan Bastino. Bumbunya seperti gambar sebelah atas kiri. 

wah.. ternyata gorengan di kalimantan itu yang paling unik harus mengunakan bumbu yang telah disediakan. jadi gorengan itu harus dimakan barengan dengan bumbunya. sangking aku penasaranya langsung aku mencobanya. emmhh ternyata enak juga. tidak hanya gorengannya yang enak tetapi bumbunya juga lezat banget..

sampai-sampai aku ngomong sama tanteku, enak banget dan aku minta dibungkus. untuk makan dirumah. hahahahhaha. setelah aku dan tante merasa keyang akhirnya kami pulang, saat kami mau pulang eh ternyata pelanggannya banyak banget sampai antri gitu. yang beli gorengan sampai 1 kantong plastik. uhh tapi terjamin deh gorengan disana enak banget. wajib coba untuk yang liburan di Bontang. 






Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment