Tips Kaya di Akhir Bulan ( #moneysmartmenginspirasi )

Pasti kamu tidak asing dengan kata berbelanja, berbelanja adalah bagian dari pemenuhan kebutuhan dan keinginan seseorang demi kepentingannya entah itu penting atau tidak. Berbelanja menjadi bagian utama untuk memenuhi hasrat,  kalau dilihat dari segi keinginan. Sedangkan dari segi kebutuhan, berbelanja menjadi hal yang terpenting karena lingkup berbelanja disini lebih pada kebutuhan untuk mengurus diri. Contoh memenuhi asupan gizi,  kebutuhan rumah tangga yang biasa disebut dengan BB (belanja bulanan). 
Biasa dibilang, berbelanja merupakan salah satu hobby yang disuka oleh para wanita. Sedikit melihat barang yang lucu, langsung beli tanpa berfikir panjang dan hal itu menjadi kelemahan wanita. Maka dari itu, para produksi berlomba-lomba  membuat barang-barang yang unik dan lucu dimata wanita. Semua adalah racun dunia, yang tidak bisa ditahan-tahan. “Semakin banyak berbelanja, maka semakin pula barang-barang yang lama tidak akan digunakan”. 
Apalagi saat Awal bulan menjadi kebiasaan, wajib  bagi setiap mahasiswa atau pekerja menerima gaji atau uang tambahan dari orang tuanya dan awal bulan menjadi ajang rebutan kasir saat di supermaket. Semua berbondong-bondong membeli kebutuhan makanan dll, ada orang yang mengatakan bahwa mall atau supermarket memiliki tingkat keramaian di awal bulan dan Setalah, pertengahan bulan mall atau supermarket akan mulai sedikit pengunjung. Ada Beberapa  orang yang suka dengan berbelanja dan menghabiskan uangnya di  awal bulan. Sampai orang tersebut akan sadar di pertengahan bulan bahwa uangnya limited dan pastinya ia akan mengontrol, mengendalikan keuangannya. Ini adalah salah satu kasus yang sering di temukan dari beberapa orang.   Setalah, pertengahan bulan mall atau supermarket akan mulai sedikit pengunjung. Maka dari itu kalau mau berbelanja alangkah baiknya di pertengahan bulan, agar tidak berdesak desakan. Oleh karena itu, ada tips kaya di akhir bulan, bagaimana cara-nya ? Ayo simak cara-caranya. 

  1. Not eating, kenapa not eating ? Dari beberapa narasumber yang saya temuin, kebayanyakan mahasiswa/pekerja sering  membeli makanan dengan harga yang  relatif murah. Tetapi kalau dihitung -hitung, makan dilaur setiap hari itu lebih banyak mengeluaran dan kadang pengeluaran tersebut tidak dapat dikontrol. Kalau pengalamanku setiap bulan mendapat 1.500.000 dan untuk uang makan yang digunakan selama 4 minggu hanya sekitar 400.000 itupun masih lebih dan  biasanya sisahnya aku simpan. Ini bukan masalah pelit ya, coba saja pergi ke pasar dan pilih kebutuhan makan untuk satu minggu. Kalau yang No vegetarian  biasanya 100.000 cukup plus buah dan untuk orang yang vegetarian paling habisnya 50.000. Bandingkan ketika kamu makan di warung sehari habis 30.000 dengan  2 kali makan. 
  2. Stop nyemil, ada beberapa  wanita  itu sensitif ketika ada orang yang bilang bahwa berat badanya naik dan jelas dong, wanita akan merasa tersinggung. Ketika ada yang mengatakan hal seperti itu, biasanya setelah di bilang gemuk langsung atau secara otomatis wanita tersebut akan melakukan diet. Tetapi kebanyakan dietnya hanya berhasil 4 hari dan untuk hari selanjutnya berat badanya kembali. Penyebabnya hanya satu yaitu nyemil, kadang kalau sudah makan nasi, tapi belum nyemil rasanya tidak perfect ketika tidak nyemil. Sempat berfikir bahwa mending  nyemil dari pada makan nasi. Padahal yang membuat gemuk adalah  nyemil bukan nasi. Kalau bisa di bilang makan sedikit tapi nyemil Nya dalam sebulan bisa habis beratus-ratus ribu dan nyemil sangat susah untuk dikontrol, nah aku punya cara untuk  berhenti nyemil. Dengan cara banyak lah aktivitas di luar dan jangan lupa bawa bekal dan jangan lupa sarapan pagi. Seperti minum kopi/teh dan ditambah buah-Buahan agar ada asupan di pagi hari. Ditambah lagi berhasil diet dan bisa simpan uang bulanan. 
  3. Tujuan awal , kadang saya pun luput dengan tujuan awal saya. Saat di awal bulan bisanya saya sudah banyak planning untuk berhemat. Tetapi tujuan awal sering gagal dan hal tersebut membuat saya tidak sesuai target yang diinginkan. Nah maka dari itu ada cara untuk  goal dari tujuan awal. Cara-nya dengan membuat  tabungan rencana di bank, adanya tabungan rencana ini  dapat memudahkan menabung tanpa bunga dan tabungan rencana dapat diambil selama beberapa tahun. Jadi jangan khawatir uang anda dapat terjamin keamanannya. 
  4. Sabar, semua wanita kadang tidak sabaran dengan sesuatu yang diinginkan. Setiap  keingin kita,  maka kita akan mencari jalan dan cara untuk mendapatkannya,  setelah mendapatkan keinginan. Rasa  puas akan datang diawal dan hilang di hari selanjutnya. Maka dari itu sabar menjadi hambatan untuk para wanita dan  sebagian orang, cara agar sabar adalah meditasi ingat pada tujuan awal. 


Dari keempat Point ini sangat berkaitan untuk dapat memanajemen uang yang di dapatkan dan uang yang diberikan oleh orang tua. Sebenarnya ketika uang terkumpul disaat akhir bulan. Pasti kamu akan merasakan puas dan senang, kamu sudah berhasil menabung uang tersebut dengan baik. Ada satu artikel yang membuat saya terinspirasi cara menabung dengan baik  https://www.moneysmart.id/kaya-dari-uang-receh-gini-tips-menabung-biar-lancar-jaya/ maka dari itu, artikel yang saya buat hasil pengalaman saya dan beberapa pendapat orang. 

Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment