CEMILAN NUSANTARA PART # 2

Beberapa hari di Bontang Kalimantan Timur aku menemukan hal yang unik yang tidak dimiliki di daerah lain yaitu Koperasi PT PKT Bontang. Koperasai ini sangat nyaman untuk para pekerja dan para pelajar untuk menikmati dan memilih menu makanan yang lengkap. Menu di koperasi ini begitu lengkap sampai, bingung untuk memilih makanan. Dari salah satu makanan yang aku kangenin adalah Empek-empek asal Palembang.  Stay di jawa membuat aku kangen dengan makanan yang dikelolah dengan ikan laut. kalau di jawa sendiri harga ikan laut sangat  mahal banget dan biasanya. kalau makan di restauran seafood harganya bisa berkali lipat dengan harga yang kita beli di daerah laut. Hampir bertahun tahun tidak menikmati empek-empek, ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba rasa empek-empek.  

Nah recommendasi untuk mencinta empek- empek bisa langsung beli di koperasi PT PKT Bontang, Kalimantan Timur. Ada dua pilihan untuk membeli empek-empek yang pertama empek-empek dalam bentuk beku  yang belinya di koperasi market dan Bagi yang ingin menikmati makanan di tempat mendingan langsung beli aja standnya. menurutku rasanya sangat enak banget bumbuh kuah dari empek-empeknya sungguh pas asam jawa dan cuka, manis dari gula merah dan rasa pedasnya membuat terus ingin mencicipi.

Harganya juga terjangkau banget 1 porsi empek-empek hanya di bandrol Rp. 13.000,-/ dengan beberapa jenis empek-empek kapal selam, dan campur ( kulit ikan, bulat, dan mini kapal selam).

Untuk harga empek-empek yang beli di koperasi market 1 bungkus  di bandrol dengan harga Rp.70.000,- kalau di freser ini cocoknya untuk oleh-oleh saat pulang kampung. Tidak kalah enak dengan empek-empek yang di makan tempat.



Deskripsi:
Makanan indonesia yang terkenal dengan keaslianya yang khas, makanan ini terkenal di beberapa daerah. Empek- empek adalah salah satu alternatif dari cemilan di negara indonesia. Empek-empek yang berada di Palembang, , Sulawesi near padang. Kalian tidak usah jauh jauh untuk membeli atau memakan di derah palembang cukup saja kalian mencari daerah yang menghasilakan ikan terbanyak. Dijamin rasanya enak banget beda banget ketika membeli makanan ini di daerah  yang tidak memiliki penghasilan ikan  atau yang berada di dekat pantai. Harganyapun juga akan menyuasaikan dengan rasanya. 

Banyak orang berfikir bahwa empek-empek ini hampir sejenis bakso, padahal kalau baksokan bahan dasarnya adalah daging sapi  atau ayam , sedangkan untuk empek-empek sendiri bahan dasaranya adalah ikan tengiri. dan kuahnya yang berbahan dasar, cuka, gula merah jawa, asam jawa, cabe rawit, udang kecil ( untuk penyedap rasa), bawang putih dan merah secukupnya dan ditambahkan garam 2 sendok. Kuahnya akan terasa manis, asam , dan pedas gurih akan menambah selera makan  dan tidak lupa untuk menetalisir rasa empek-empek itu  harus ditambahkan dengan timun segar. rasanya akan sempurna bagi kamu yang pencinta empek-empek khas Palembang. SIAP DI SANTAP.




Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment