CEMILAN DI KALIMANTAN TIMUR # PART 01

Kesempatan tidak hanya datang  dua kali saja, kesempatan itu membuat aku menemukan sesuatu yang spesial,  menemukan makanan dan buah ? yang unik di saat waktu Praktek Kerja Lapangan. Hal yang membuat menarik adalah ingin berbagi banyak informasi sekitar tempat tinggalku dan beberapa aktivitas/ pengalaman yang aku dapatkan selama masa perjalananku yang sudah berusia 22 tahun. Maka dari itu, selama masa mudaku ini aku harus giat-giat membagi pengalaman menarik dan membagi informasi.

Pada tanggal 25 january 2018, dimana pada hari itu saya menemukan sesuatu yang unik dari Kalimantan Timur dan hal ini yang membuat aku ingin menulis sesuatu yang unik untuk kalian baca dan informasi yang akurat.

Kalimantan Timur, sekitarnya bontang, samarinda, ternyata memiliki buah yang khas dan unik dicoba untuk beberapa orang yang mencintai traveling kuliner. Bentuknya seperti Durian, baunya seperti durian, warnanya luarnya juga hampir sama dengan durian. Tetapi dalam keaslinyaa buah khas kalimantan ini bukanlah durian tetapi adalah Lai.

Buah ini saya dapatkan saat berlibur disamarinda, jadi mumpung ada di rumah saudara tante mulai lah saya dikenalkan dengan Buah Lai . Awalnya saya kira buah durian ternyata bukan. Menang sejenis durian tetapi beda banget dengan durian.


Bentuknya yang seperti durian ini membuat orang terkeco. apasih buah ini ? pasti kalau kamu sebagai orang jawa dan sekitarnya kamu menganggap bahwa ini adalah buah Durian. YA ini sama banget  dengan durian tapi bau, bentuk dan warnanya persisis dengan durian.



Teksturnya yang begitu padat dengan biji Lai membuat kamu harus mengigit. Kalau durian kan teksturnya lebih skrime dan enak bagi sie pemakan durian. Lai ini menurtku tidak terlalu manis, bisa dibilang manisnya standart lah tidak semanis durian yang begitu manis dan baunya terlalu tajam. 

 Untuk rasanya sangat sama dengan durian tetapi buah Lai ini rasanya agak condong ke durian. memang untuk orang yang baru merasakan buah ini  99% ke durian. tetapi menurut orang kalimantan timur buah ini bukan lah durian.


Mungkin bagi kamu yang pencinta durian bisa mampir ke Kalimantan Timur untuk mencoba beberapa jenis durian yang unik. 




oh .. ia bagi kalian yang mau mampir untuk membeli buah duria atau Lai jangan sampai tertipu, kebanyakan orang yang beli buah di pinggir jalan. apalagi beli durian dan lai dengan harga yang cukup mahal. mending makan ditempat aja biar penjualnya memberikan buah yang enak disantap. 

Crystalaw.blogger.com

Menulis bagi saya adalah sebuah ungkapan hati dan pikiran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata yang indah. Menulis menjadi temanku dan cara untuk mencari sebuah ketenangan dalam jiwa.

2 comments:

  1. Sayangnya daku ga suka duren cris

    ReplyDelete
  2. hahah rasanya beda banget dengan duren .. buah ini rasanya gak terlalu srong banget.

    ReplyDelete